PENILAIAN LOMBA KADER BKB, BKL , UPPKS DAN KELUARGA HARMONIS SEJAHTERA TINGKAT PROVINSI DI KABUPATEN BANJAR

July 25, 2016
https://komdalansia.banjarkab.go.id/wp-content/uploads/2016/07/lansia.jpg

Pada tanggal 27 April 2016 yang lalu, bertempat di Kecamatan Martapura dan Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan telah mengadakan penilaian kader Bina Keluarga Balita, kader Bina Keluarga Lansia, kelompok UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) serta penilaian Keluarga Harmonis Sejahtera yang difasilitasi oleh BP3AKB Kabupaten Banjar melalui Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka lomba kader dan keluarga harmonis sejahtera tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2016 itu bertujuan untuk mencari satu orang pemenang dari masing-masing kategori yang dilombakan untuk kemudian menjadi wakil Provinsi Kalimantan Selatan dalam lomba serupa yang dilaksanakan di tingkat Nasional pada tahun ini.

Kegiatan penilaian tersebut dilaksanakan di dua tempat berbeda, yaitu untuk penilaian kader Bina Keluarga Balita dan Bina Keluarga Lansia dilaksanakan di Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Kabupaten Banjar di Kecamatan Martapura dan untuk penilaian kelompok UPPKS serta keluarga harmonis sejahtera dilaksanakan di kecamatan Kertak Hanyar.

Adapun kader Bina Keluarga Balita yang mewakili Kabupaten Banjar dalam kegiatan tersebut adalah Rusmita SP, Spd. dari kelompok BKB Ceria Kecamatan Sungai Tabuk, sedangkan dalam lomba kader Bina Keluarga Lansia Kabupaten Banjar diwakili oleh Siti Fatimah, Spd dari Kelompok BKL Nusa Indah Kecamatan Martapura. Dalam kategori kelompok UPPKS, Kabupaten Banjar diwakili oleh Kelompok UPPKS Bunga Padi Kecamatan Kertak Hanyar yang memproduksi makanan ringan tradisional. Di kategori terakhir untuk lomba keluarga harmonis sejahtera Kabupaten Banjar diwakili oleh Keluarga Mardani, SH. Yang beralamat di Komplek Palapan Indah Kecamatan Kertak Hanyar.

Tim dari BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan yang berjumlah tiga orang untuk masing-masing kategori melaksanakan penilaian dengan metode tatap muka dan interview serta kunjungan langsung ke kelompok UPPKS dan kandidat keluarga harmonis sejahtera. Didampingi oleh para pendamping dari Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak BP3AKB Kabupaten Banjar dan UPT KB Wilayah I dan III penilaian tersebut dilaksanakan dari pagi hingga selesai pada sore hari.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak BP3AKB Kabupaten Banjar Ir. Rusydah mengatakan bahwa baik kader BKB, BKL, Kelompok UPPKS dan kandidat keluarga harmonis sejahtera yang dipilih untuk mengikuti lomba tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tersebut telah benar benar memiliki kapasitas yang memadai di kategori masing-masing sehingga nantinya jika terpilih sebagai wakil Provinsi Kalimantan Selatan di ajang lomba tingkat Nasional, mereka diyakini akan mampu bersaing dengan peserta dari provinsi lain.

Diskominfo Kabupaten Banjar