BeritaPEMBENTUKAN FORUM KOMDALANSIA KABUPATEN BANJAR

April 26, 2017
https://komdalansia.banjarkab.go.id/wp-content/uploads/2017/04/IMG_5360-1024x672-1024x672.jpg

MARTAPURA – Lansia sebagai bagian integral dari bangsa Indonesia, memiliki kemampuan dan pengalaman dalam mengarungi kehidupan. Kemampuan dan pengalaman itu sangat bermanfaat apabila dikembangkan dalam kancah kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Sebagai warga negara Indonesia, para Lansia telah mendharmabhaktikan seluruh hidup dan kehidupannya dalam proses pembangunan di tanah air. Mereka memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman hidup yang sangat berguna bagi generasi penerus bangsa.

Seiring peningkatan kwalitas kehidupan dan keberhasilan pembangunan kesehatan , maka jumlah Lansia saat ini sudah meningkat yaitu berkisar 12 % dari jumlah penduduk, sehingga upaya untuk menjadikan seluruh Lansia menjadi sehat mandiri dan berkwalitas adalah tanggung jawab semua komponen baik dari unsur pemerintah maupun masyarakat. Peran pemerintah, masyarakat dan keluarga menjadi tumpuan bagi kemandirian Lansia baik yang potensial maupun yang non potensial. Peran yang sangat penting dan mulia ini dapat terwujud dan terlaksana apabila upaya pembinaan , pemberdayaan , pelayanan , komunikasi koordinasi operasional kegiatan itu dilandasi oleh Kebijakan Pemerintah Daerah.

Sehubungan dengan hal tersebut, sebagai langkah awal Rabu 912/04), Bappelitbang Kab. Banjar telah memfasilitasi pertemuan koordinasi untuk menyamakan langkah dan menyatukan tekad guna mewujudkan terbentuknya Forum Komda Lansia bertempat di rumah makan Kairo Martapura,  dengan mengundang para tokoh lansia yang berkecimpung di kemasyarakatan sepert ketua PMI Kab. Banjar H. Mawardi Abbas dan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) kab. Banjar Viktor N Siregar, Ketua Baznas Kab. Banjar Yusran Ya’qub serta tokoh lansia lainnya, dihadiri Ketua TP PKK Kab. Banjar Raudatul Wardiyah Khlailurrahman dan  Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kab. Banjar Nur Gita Tyas Saidi. .

Komdalansia  merupakan wadah koordinasi antara pemerintah dan masyarakat yang bersifat non struktural dan independen dalam melaksanakan berbagai program kegiatan terkait upaya peningkatan kesejahteraan Lansia. Dalam rangka meningkatkan eksistensi Lansia dan sesuai petunjuk aturan kesejahteraan Lansia yang berlaku, maka perlu dibentuk Komisi Daerah Lansia yang memfasilitasi seluruh program dan kegiatan terkait upaya kesejahteraan Lansia..(ADB/Sosbud)

Diskominfo Kabupaten Banjar